Sabtu, 17 Desember 2011

Warna Piring dan Taplak Meja Picu Obesitas?

0


Orang yang sedang menjalani diet tahu bila ingin mengurangi berat badan, sebaiknya mereka menggunakan piring yang lebih kecil untuk menipu mata dengan adanya pemikiran bahwa kita lebih banyak menyantap makanan yang lebih banyak di depan kita.

Tetapi sebuah penelitian baru mengungkapkan warna piring dan taplak meja ternyata juga mempengaruhi porsi banyaknya makanan.


Penelitian ini dilakukan terhadap 200 partisipan berusia antara 18-39 tahun. Percobaan pertama, para partisipan diberikan piring dengan ukuran berbeda-beda.


Partisipan yang diberikan piring lebih besar menunjukkan mereka makan lebih banyak dibandingkan dengan partisipan dengan piring kecil. Hasil percobaan pertama ini hanya menegaskan beberapa hasil eksperimen terdahulu bahwa ukuran piring mempengaruhi porsi makan.


Pada percobaan kedua, para partisipan disediakan makanan dengan piring dan taplak meja dengan kombinasi warna.


Partisipan yang makan dengan piring dan taplak meja berwarna paling kontras (seperti piring berwarna putih dan taplak berwarna merah), lebih cenderung makan lebih banyak dibandingkan dengan partisipan dengan piring dan taplak meja berwarna sama.


Peneliti menjelaskan bahwa terjadi semacam ilusi atau tipuan mata. Berdasarkan teori Delbeouf, adanya warna yang kontras membuat piring seakan terlihat sedikit. Sehingga hal itu justru menyebabkan mereka untuk menambah porsi makanannnya.


(Berbagai Sumber)
Posted by Prama, 18 Desember 2011

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting