Rabu, 21 Desember 2011

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

0


Langkah pertama untuk mengetahui apakan berat badan kamu ideal atau tidak ialah melalui BMI (Body Mass Index) dan juga ukuran pinggang. Kedua faktor ini bisa dijadikan indikator yang bagus apakah berat badan ideal sudah menjadi milik kamu.

Tentunya berat badan yang tidak sehat bisa meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi, penyakit jantung, struk, diabetes, dll.

Cara menghitung BMI
BMI adalah Berat badan (Kg)dibagi kuadrat tinggi badan(m2).
berat badan ideal

Klasifikasi berat badan melalui BMI berbeda pada tiap negara, menurut data WHO tahun 2000 inilah urutan BMI untuk penduduk dewasa di Asia. (Usia dan berat badan tidak mempengaruhi BMI).

tabel BMI

Perlu diketahui bahwa BMI hanya salah satu cara untuk mengetahui kondisi kesehatan dan berat badan ideal anda. Seseorang yang "Overweight" berdasarkan tabel BMI tapi ia bukan "obese" bisa dikatakan sehat apabila misalkan dia rajin olahraga dan sering konsumsi makanan bergizi.

Ketahui ukuran Pinggang
Mengetahui ukuran pinggang bisa digunakan untuk mengetahui jumlah lemak yang tersimpan didaerah sekitar perut. Orang yang bertipe "Apple Shape" menimbun lemak disekitar perut akan berisiko terkena penyakit berhubungan berat badan ketimbang mereka bertipte "pear shape" yang menyimpan lemak disekitar pinggul. Penyakit yang berhubungan dengan berat badan adalah diabetes, jantung, dan tekanan darah tinggi.

Silakan ukur lingkaran pinggang anda dengan alat pengkur, ukur dengan pas tapi jangan terlalu ditekan ke kulit.Untuk kebanyakan orang Asia, ukuran pinggang yang sehat adalah:

* < 36 inci untuk pria.
* < 32 inci untuk wanita.
ukuran pinggang

Bagaimana hasil pengukuran para pembaca sekalian? Apakah berat badannya ideal? Silakan konsultasi ke dokter/ahli untuk minta petunjuk kesehatan lebih lanjut. Sudah saatnya kita untuk terus menjaga kondisi kesehatan badan dengan cara cakupan nutrisi yang tepat dan olahraga teratur agar bisa meningkatkan kualitas hidup kita semua.

sumber:
http://www.webmd.com/diet/tc/healthy-weight-what-is-a-healthy-weight
http://www.obesitas.web.id/bmi%28i%29.html

Posted by Prama, 21 Desember 2011

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting