Kamis, 01 Desember 2011

BAJU ROBOT UNTUK PETANI

0

Jepang memang biangnya teknologi baru. Karena itu, aplikasi teknologi terbaru di sana banyak sekali yang bermunculan. Mulai dari yang sederhana, hingga yang kompleks untuk membantu manusia. Salah satu yang kompleks untuk membantu manusia adalah munculnya teknologi baju robot untuk membantu petani.

Para peneliti di University of Agriculture & Technology Tokyo telah berhasil mendemonstrasikan sebuah pakaian robot yang dilengkapi dengan delapan motor dan 16 sensor.


Pakaian yang beratnya mencapai 25 kilogram ini dibuat untuk membantu petani Jepang yang sudah berusia lanjut untuk tetap produktif bercocok tanam di masa tuanya.
Baju robot ini akan memberi memberi kekuatan pada otot kaki dan persendian. Dengan begitu, teknologi ini mampu membantu petani saat membungkukkan badan atau mengangkat tangan.


Menurut profesor Shigeki Toyama, ilmuwan yang terlibat dalam proyek ini, teknologi tersebut dapat diaplikasikan dalam berbagai industri, tapi teknologi ini memiliki potensi besar dalam industri agrikultural, yang membutuhkan tenaga besar untuk mengelolanya.

Rencananya, pakaian robot ini akan mulai menyapa konsumen dalam waktu dua hingga tiga tahun ke depan dengan harga sekitar US$5.000-US$10.000

Toyama berharap penggunaan teknologi robotik akan semakin banyak dijumpai di lahan-lahan pertanian di Jepang dan negara-negara Eropa yang lebih kecil, mengingat bahwa di wilayah ini tenaga manusia mahal.

Wah jangan-jangan baju seperti disamping ini nanti bakalan ada yang pakai ???
Who knows . . .






Tag : Japan Technology
Posted by Prama, 01 Desember 2011

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting