Sabtu, 17 Desember 2011

Tips dan Trik Atasi Kanker Payudara

0



Diperkirakan sekitar 230.000 wanita akan terdiagnosa mengalami kanker payudara di tahun 2011. Meskipun sudah banyak edukasi mengenai cara mencegah kanker payudara, angka kematian terhadap penyakit mematikan ini terus meningkat.
Sebenarnya ada cara-cara untuk mencegah risiko kanker yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa pencegahan resiko kanker payudara yang bisa Anda coba.

Jaga Berat Badan
Makan berlebihan dan sedikitnya waktu untuk berolahraga pastinya meningkatkan berat badan. Olahraga membantu menurunkan kadar estrogen yang diproduksi dalam tubuh. Tingginya estrogen berhubungan dengan timbulnya sel-sel kanker payudara.

Hindari Terapi Pengganti Hormon
Banyak orang melakukan terapi pengganti hormon untuk mengurangi resiko penyakit jantung, osteoporosis dan Alzheimer sesudah masa menopause. Namun, kombinasi terapi hormon menggunakan estrogen dan progestin justru dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Perhatikan Apa yang Anda Minum
Beberapa penelitian sebelumnya mengatakan bahwa minuman beralkohol dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Tapi bila Anda minum dalam jumlah besar, justru dapat memicu risiko kanker payudara, karena alkohol meningkatkan kadar estrogen dalam darah. Hindari kebiasan minum alkohol, atau kurangi mengonsumsinya tidak lebih dari tiga kali seminggu demi mencegah teresiko kanker payudara.

Makan Lebih Banyak Buah dan Sayur
National Cancer Institute (NCI) merekomendasikan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran paling tidak 5 kali dalam sehari. Tapi harus dihindari buah dan sayuran yang mengandung banyak lemak, seperti kentang goreng atau pai dengan krim pisang. Namun pilihlah makanan dari tumbuh-tumbuhan mengandung anti-oksidan yang tinggi, diantaranya vitamin A, C, E dan mineral selenium, yang dapat mencegah kerusakan sel yang bisa menjadi penyebab terjadinya kanker.

Berhenti Merokok
Merokok merupakan faktor utama terkena kanker payudara. Berhenti merokok menjadi cara paling efektif untuk mengurangi berkembangnya risiko kanker.

Jauhi Makanan Kaleng
Makanan kaleng mengandung Bisphenol A (BPA), zat kimia berbahaya yang dapat memicu timbulnya kanker.

Berjemur dibawah sinar matahari
Meningkatnya angka kejadian kanker kulit (melanoma maligna) menjadikan kita takut akan sinar matahari. Tetapi sedikit sinar matahari dapat membantu mencegah kanker payudara, karena pada saat matahari mengenai kulit, tubuh membuat vitamin D. Vitamin D akan membantu jaringan payudara menyerap kalsium sehingga mengurangi resiko kanker payudara. Agar bisa memperoleh sinar matahari selama 20 menit/hari, dianjurkan untuk berjalan dibawah sinar matahari pada siang hari atau sore hari. Tetapi bila Anda ingin mendapatkan kalsium atau vitamin D tidak dari sinar matahari, Anda dapat mencoba mengkonsumsi makanan suplemen. 

Cek Payudara
Lakukan pemeriksaan payudara secara mandiri tiap bulan. Cukup dengan membandingkan ukuran payudara kiri dan kanan. Secara normal payudara kiri dan kanan memang tidak 100% simetris, tapi pada kanker payudara perbedaan ukuran terlihat sangat mencolok. Raba dan pijat lembut daerah payudara dan sekitarnya, jika terdapat benjolan abnormal dan kadang terasa sakit, langsung hubungi dokter aja untuk memastikan. 

(Berbagai Sumber)

Posted by Prama, 18 Desember 2011

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting