Kamis, 08 Desember 2011

7 Makanan Bermanfaat Pembersih Tubuh

0


Ketidaksempatan membuat bekal di rumah, sering membuat kita terpaksa membeli jajanan di luar. Padahal, siapa yang tahu apa saja kandungan yang ada di dalam makanan yang dikonsumsi untuk siang ini? Salah-salah zat-zat tersebut malah membawa dampak negatif bagi tubuh kita.
Namun demikian, alam memang sudah menyediakan obat alami untuk mengobati segala macam penyakit. Termasuk di dalamnya untuk membersihkan tubuh dari zat-zat berbahaya seperti radikal bebas. Inilah ketujuh makanan detoks yang bisa mengeluarkan racun-racun yang tak dibutuhkan tubuh. Tambahkan mereka dalam setiap makanan kita dan segera dapatkan khasiatnya.

Air Lemon
Lemon merupakan sumber vitamin C terbesar. Vitamin ini merupakan senjata alami untuk membantu tubuh mengeluarkan racun serta membakar lemak. Dr. Frank Lipman, pendiri Eleven-Eleven Wellness Center di New York, merekomendasikan minum air lemon setiap pagi untuk menjaga kestabilan pH tubuh dan membantu pencernaan.
 
Sayuran Hijau
Banyak jenis sayuran berdaun hijau di luar sana yang bisa dikonsumsi dalam diet. Makan mereka secara mentah, campurkan dalam sup, atau jadikan jus. Daun hijau meningkatkan level klorofil dalam saluran pencernaan. Hal ini membantu tubuh menetralisir racun-racun yang seperti asap dan pestisida.
 
Buah Segar
Makanan ini tidak disangkal lagi kaya akan vitamin, antioksidan, serat, dan hal baik lainnya. Setelah membiarkan tubuh mengonsumsi banyak mentega dan memasukkan makanan lain, tidak ada hal lain yang patut dimakan selain buah-buahan segar.
 
Kol
Sayuran ini terlihat remeh. Namun, tahukah kita bahwa kol ternyata dikenal juga sebagai alat membersihkan hati? Campurkan kol dan apel sebagai camilan untuk memuaskan selera dan hati kita.
 
Jahe dan Bawang Putih
Jahe dan bawang putih juga merupakan sahabat terdekat hati, seperti halnya kol. Mereka berfungsi untuk melenyapkan radikal bebas yang berkembang di dalam tubuh. Jangan ragu mencampurkan mereka ke dalam masakan kita dan dapatkan keuntungan ganda bagi hati tercinta.
 
Teh Hijau
Haus? Ketimbang memilih minuman manis, pilihlah teh hijau sebagai penghilang dahaga kita. Kandungan katekin yang ada di dalamnya mempercepat aktivitas hati sehingga meningkatkan produksi enzim-enzim untuk mendetoksifikasi.
 
Whole Grain
Memilih whole grain ketimbang tepung haruslah menjadi prioritas utama dalam diet. di samping tinggi nutrisi dan antioksidan, whole grain benar-benar kaya dengan serat yang berfungsi membuat kita tetap kenyang. Hal ini akan membantu kita terhindar dari rasa kembung atau sakit perut ketika semua racun yang tidak dibutuhkan dikeluarkan dari tubuh. 
 
Posted by Prama, 08 Desember 2011

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting