Jumat, 06 Januari 2012

Mengenal HTML Lebih Jauh

0




hari ini gw mau menebus janji gw pada postingan yang sebelumnya,yaitu pengenalan HTML. seperti judulnya, kali ini gw akan mengenalkan HTML lebih jauh, oke langsung aje yah kita mulai.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa HTML(Hyper Text Markup Language) adalah simbol-simbol atau tag-tag yang dituliskan dalam sebuah file yang dimaksudkan untuk menampilkan halaman pada web browser. Tag-tag HTML selalu diawali dengan <x> dan diakhiri dengan </x> dimana x tag HTML seperti b, i, u dan sebagainya. Namun ada juga tag yang tidak diakhiri dengan tanda </x> seperti tag <br>, <input> dan lainnya.

Sebuah halaman website akan diapit oleh tag <html>……</html>. File-file HTML selalu  berakhiran dengan ekstensi *.htm atau *.html. Jadi jika anda mengetik sebuah naskah dan menyimpannya dengan ekstensi *.html maka anda membuat file yang berformat HTML.

Sekarang gw akan kasih tau tentang Menggunakan Tag pada HTML.

contoh penggunaan tag HTML,

contoh

<b>ini tulisan berhuruf tebal</b> , <i>ini tulisan berhuruf miring</i> , <u>ini tulisan bergaris bawah</u>

hasilnya :

ini tulisan berhuruf tebal ,  ini tulisan berhuruf miring , ini tulisan bergaris bawah.

Ada beberapa tag yang memilki atribut didalamnya, seperti tag <font>, <table>, <input> dan sebagainya. Pada tag font ia memiliki beberapa atribut diantaranya atribut: color, size, face. Untuk lebih memahami atribut lihatlah contoh berikut ini.

<font color=”blue” face=”Arial” size=”12″>Ini Font Arial berwarna biru dan berukuran 12 pt</font>

hasilnya -> Ini Font Arial berwarna biru dan berukuran 12 pt.
keterangannya :

Atribut color digunakan untuk menentukan warna tulisan.
Atribut face digunakan untuk menentukan jenis huruf.
Atribut size digunakan untuk menentukan ukuran huruf.
Jika anda lihat bahwa atribut color berada pada awal, lalu yang kedua adalah face dan yang terakhir adalah size. Anda tidak perlu memperdulikan urutan atribut tersebut karena browser hanya membaca isi dari properi bukan urutan atributnya.

mungkin cukup dulu yah, sekarang saya mau tidur dulu,soalnya sudah pukul  02.00 pagi. untuk tutorial selanjutnya insyaallah akan gw berikan Daftar Tag – tag pada HTML..

OK.sampai jumpa pada artikel selanjutnya...Semoga bermanfaat buat para blogger.

Posted by Prama, 06 Januari 2012

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting