Selasa, 03 Januari 2012

Ditemukan, Obat Kumur Penangkal Lubang Gigi

0


Temuan ini mungkin bisa jadi produk favorit banyak orang. Terutama, mereka yang malas menyikat gigi. Wenyuan Shi dari University of California, Amerika Serikat mengembangkan obat kumur atau mouthwash yang bisa membunuh bakteri pemicu lubang pada gigi.

Shi, seperti dilansir dari geniusbeauty.com, dan tim penelitinya menemukan bagaimana interaksi bakteri pada koloninya, yang menciptakan plak pada gigi. Bakteri ini yang mengkonversi makanan menjadi zat asam. Lalu, merusak enamel gigi dan membuatnya berlubang.

Akumulasi dari plak juga memicu penyakit gusi parah, bahkan gigi menjadi tanggak. Untuk mengatasi hal ini, dikembangkan 'specially targeted antimicrobial peptides' (STAMPs). Formulasi ini akan memengaruhi bakteri yang menyebabkan pembusukan gigi, dan tidak mempengaruhi bakteri lain yang baik untuk kesehatan gigi.

Teknologi ini secara fundamental berbeda dari antibiotik yang membunuh semua bakteri, baik yang baik maupun jahat. Produk sendiri telah diuji pada 12 pasien. Mereka diminta untuk berkumur dengan produk yang mengandung STAMPs, satu kali dalam empat hari. 

Hasilnya, secara signifikan, bakteri pemicu  gigi berlubang, berkurang secara signifikan. Meskipun begitu, Shi dan tim peneliti, tetap memperingatkan pentingnya menyikat gigi secara teratur.

Posted by Prama, 03 Januari 2012

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting