Senin, 07 November 2011

7 Makanan Terbaik Untuk Tulang

0

Seiring bertambahnya usia seseorang, tulangpun mulai tua dan rapuh. Namun hal ini tidak bisa dicegah, tak ada satupun obat atau bahan kimia yang dapat menjaga dan membuat tulang tak menjadi tua. Apakah kemudian kita akan membiarkannya? Tentu tidak, menjadi tua bukan berarti kita harus membiarkan dan tak merawat kesehatan tulang kita, kita masih harus menjaganya. Kita juga bisa membuat tulang tetap awet muda dan sehat, setidaknya tak terlalu mudah rapuh sekalipun kita menginjak usia senja kelak. Adalah beberapa makanan yang memiliki gizi dan nutrisi terbaik untuk tulang, yang akan menjaga agar tulang tetap kuat dan sehat dalam jangka waktu yang cukup lama. Apa sajakah mereka?
Susu
Kalsium adalah nutrisi utama yang paling dibutuhkan oleh tulang. Orang dewasa yang berusia di atas 50 tahun rata-rata membutuhkan 1000 mg kalsium per hari, sedangkan 50 tahun ke bawah membutuhkan 1200 mg kalsium per harinya (sumber WebMD). Dan tentu saja seperti kebanyakan orang tahu, susu adalah sumber kalsium utama yang wajib hadir setiap hari di dalam menu sehari-hari kita. Setiap 35 gram susu, mengandung kurang lebih 510 mg kalsium (baik skim maupun low-fat). Tinggal sesuaikan saja kebutuhan susu Anda, pilih skim atau low-fat?
Yogurt dan Keju
Produk susu lain yang tak kalah hebatnya adalah yogurt dan keju. Kalsium yang dikandung yogurt dan keju cukup tinggi lho. Dalam 245 gram yogurt hampir 50% nya adalah kalsium, sedangkan 40 gram keju dapat mencukupi kebutuhan kalsium harian. Sangat disarankan untuk mengonsumsi 40 gram keju atau 200 gram yogurt setiap hari untuk mencukupi kebutuhan kalsium tubuh.[break]
Ikan Lemuru
Tak banyak yang tahu bahwa sebenarnya ikan sarden kalengan yang biasa kita makan sehari-hari sebenarnya adalah ikan lemuru, nama lengkapnya Sardinella lemuru. Kandungan kalsium di dalam ikan lemuru tak dapat diremehkan, ikan kecil yang lezat ini membantu tulang mendapatkan asupan nutrisinya. Tiga ekor ikan lemuru sebanding dengan segelas susu, yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda.
Pak Choy
Pak choy adalah semacam sawi yang rasanya sangat lezat. Dalam keseharian kita biasa menyebutnya sebagai 'sawi daging' karena tangkai daunnya sangat tebal dan lezat untuk dimakan. Berbeda dengan sawi lainnya, semua bagian pak choy ini bisa dinikmati dan tidak pahit. Hadirkan pak choy sebagai sayuran wajib di meja hidangan Anda dan nikmati manfaat kalsium yang dikandungnya.
Produk Kedelai (tahu dan tempe)
Tahu dan tempe adalah makanan sederhana yang dinikmati semua orang. Dibuat dari bahan dasar kedelai, tahu dan tempe menyajikan rasa yang sangat nikmat dan sedap. Dalam 100 gram kedelai, 28%-nya atau 277 mg-nya adalah kalsium. Inilah yang menjadikan alasan kuat bagi Anda bahwa tahu dan tempe layak untuk selalu hadir dalam menu harian Anda.
Ikan Salmon
Ikan Salmon itu sehat untuk kulit, dengan kandungan omega 3-nya yang sangat tinggi, ikan salmon menjadi ikan yang paling dicintai oleh banyak wanita. Bonusnya adalah, ikan salmon juga kaya akan kalsium yang akan membantu Anda para wanita terjauhkan dari incaran osteoporosis. Cantik tulang, cantik pula kulit Anda bukan?
Kacang dan biji-bijian
Kacang seperti almond, walnuts, pistachio dan biji-bijian seperti biji rami, kuaci bunga matahari adalah paket lengkap yang kaya akan kalsium. Protein, omega 3, potasium dan aneka nutrisi lainnya pantas untuk membuat mereka masuk dalam daftar belanja snack Anda. Jangan lupa catat semua makanan yang telah disebutkan tadi dalam daftar belanjaan Anda. Miliki tulang yang sehat dan kuat, dan tendang jauh-jauh osteoporosis.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting